Banyak cara membuat undangan pernikahan hardcover yang disediakan oleh jasa percetakan. Undangan pernikahan tidak hanya sebatas kertas yang bertuliskan isi dari undangan itu sendiri. Namun ada tambahan bentuk dan gambar yang menarik dari undangan pernikahan yang dibuat tersebut. Macam-macam bentuk undangan pernikahan seperti lembaran kertas buffalo, art cartoon, dan kertas tebal lainnya yang mengkilap dan memiliki corak yang berbeda dengan kertas biasa. Salah satu jenis undangan yang menurut masyarakat mewah adalah yang bentuk undangan sering dinamakan hardcover. Hard berarti keras sedang cover berarti sampul. Undangan hardcover merupakan undangan yang menggunakan kreatifitas tangan, karena butuh kesabaran untuk membuatnya. Undangan Hardcover terdiri dari dua bahan, yakni bahan keras dan bahan sampul.


Bahan keras pada hardcover adalah karton yellow board yang bersifat keras untuk menjadi dasar atau isi dari undangan hardcover tersebut agar menjadi undangan yang keras dan kaku. Sedang bahan untuk sampul adalah kertas cetak pada umumnya. Untuk masalah sampul bisa menggunakan banyak cara untuk mencetaknya. Yakni dengan cara cetak offset,sablon, dan digital printing. Ketiga cara mencetak terseebut masih selalu digunakan terutama dengan menggunakan mesin offset printing.

Setelah sampul dicetak maka langkah selanjutnya adalah menempelkannya pada yellow board tadi yang telah di potong menjadi ukuran undangan yang diinginkan. Dalam masalah ukuran sebaiknya konsultasi dengan desainer yang membuat desain undangan karena ukuran undangan akan disesuaikan dengan ukuran karton yelllowboard yang akan dipotong.

Lalu setelah proses penempelan sampul selesai bisa dilakukan penghiasan lanjutnya. Bisa ditambah tulisan emas (foil), diberi pita ataupun hiasan lainnya.

Berikut beberapa contoh undangan hardcover

contoh undangan hardcover

contoh undangan hardcover

gambar tersebut bisa menjadi referensi anda bila suatu saat ingin membuat undangan model hardcover. Dan demikian cara singkat yang bisa kami jabarkan membuat undangan pernikahan hardcover. Temukan tips membuat undangan pernikahan dengan cara lain disini, selalu kunjungi blog kami.