Mencetak memerlukan plat cetak yang berisi gambar yang ingin dicetak menggunakan mesin cetak offset. Plat tersebut dapat dibuat dengan cara manual ataupun secara langsung menggunakan mesin khusus pembuat plat cetak offset. Beberapa teknik membuat plat offset menggunakan film repro offset.

Film repro offset adalah film offset yang berfungsi untuk membuat plat seng. Film ini menggunakan bahan dasar mika transparan dan bening yang dicetak menggunakan mesin khusus film repro. Tinta yang digunakan untuk mencetak gambar pada film repro ini berbeda dengan tinta mesin digital printing dan cara mengeringannya. 

Untuk dapat mencetak film repro bisa menggunakan aplikasi corel draw, photoshop, free hand, dan adobe ilustrator. Mesin pembuat film juga bisa digunakan untuk membuat film sablon. Dan perbedaan antara film repro dan film sablon ialah :

Film sablon di cetak dengan tidak terbalik cermin dari posisi file aslinya sedangkan film repro di cetak terbalik cermin ( mirror ) dari file aslinya. Mengapa demikian?? Karena film repro untuk cetak offset akan di pasang atau digunakan untuk membuat plat seng cetak offset. Sehingga pada nantinya gambar yang tercetak pada plat cetak tidak mirror atau terbalik. 

Ada posisi persamaan pada kedua jenis film ini. Untuk film sablon langsung diafdruk pada screen sablon jika pada film offset akan tercetak pada blanket mesin cetak. Kedua gambar ini akan berada pada posisi yang sama sehingga gambar yang tercetak tepat pada apa yang diinginkan di kertas.
Secara tidak langsung bisa digambarkan demikian : 
film sablon adalah positif dan langsung menempel pada bagian pencetak yang terkena tinta sedang film repro adalah negatif dan tercetak positif pada plat seng sehingga plat seng tercetak pada blanket pencetak. Sehingga kedua film memiliki fungsi yang sama namun karena alat yang digunakan berbeda maka harus lebih teliti sebelum membuat film repro.

Bila ingin menggunakan jasa sablon sebaiknya biarkan saja file yang ada untuk membuat film repronya. Jika ingin menggunakan jasa cetak offset sebaiknya dibuat mirror untuk mencetak film repronya.