Cara Mudah Perawatan Mesin Cetak Toko dan Hamada - Setiap mesin memiliki fungsi yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita. Dengan mesin lah segala aktivitas kita bisa terbantu dan kebutuhan pun terpenuhi dengan cepat. Namun seperti halnya manusia, ada kalanya mesin rusak dan sedikit tidak berfungsi dengan baik. Diibaratkan seperti manusia saat sedang sakit, jika mesin sedang rusak. Maka perlu tindakan penyembuhan untuk mesin tersebut, alhasil harus memanggil teknisi yang memahami mesin tersebut.Memang sangat mudah jika kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah, namun ada baiknya kita juga memahami cara kerja mesin dan bagian-bagian mesin. Dalam hal ini mesin cetak offset yang memerlukan perhatiannya yang khusus agar mesin terawat dalam jangka panjang.

perawatan mesin cetak toko


Sebagai seorang pebisnis memang sangat sibuk mengurus segala pesanan yang masuk, namun perlu sedikit waktu untuk memperhatikan kesehatan mesin juga. Karena dengan mesin kita mendapatkan penghasilan yang bisa mencukupi kebutuhan hidup kita. Bersihkan atau cek segala bagian mesin cetak untuk jangka waktu sebulan sekali, dan biasakan hal ini dilakukan. 

perawatan mesin cetak hamada
Mengapa perawatan mesin cetak toko dan hamada disarankan begini? Untuk mesin cetak toko dan hamada pada umumnya digunakan untuk mencetak hal yang mudah seperti cetakan 1 warna atau beberapa warna saja. Dan sebagian besar mesin menggunakan papper plat untuk mencetaknya. Sedangkan mencetak menggunakan papper plat memerlukan etching ( plat cleaner and protector ). Etching merupakan cairan pembersih plat papper sebelum dipasang pada mesin cetak. dan untuk melindungi dari goresan benda kasar dan tinta dari rol tinta. Namun pada sistem pengairan pembersih rol tinta pada mesin cetak juga dicampur dengan etching, agar rol tinta dan plat papper tetap terjaga. Saat mesin aktif pasti ada goncangan yang terjadi yang mengakibatkan wadah penampung air bergetar dan terpancar kemana-mana di dalam bagian mesin tersebut. Hal ini yang mengakibatkan perkerakan yang terjadi pada beberapa bagian mesin yang terkena air etching tadi. 

Dalam jangka waktu beberapa hari air etching ini akan kering dan menjadi kerak tipis. Namun seiring berjalannya waktu kerak itupun akan semakin bertumpuk dan tebal sehingga beberapa bagian yang bergerak akan tertutupi oleh kerak dari air etching tersebut. Dengan begitu fungsi kerja dari bagian mesin tersebut akan terhambat dan mengakibatkan jalan mesin tidak stabil. Maka dari itu besihkan bagian yang berkerak tersebut dengan rutin, bisa menggunakan air dan amplas kasar. Bila bagiannya tidak terjangkau sebaiknya jangan dipaksa karena bisa saja mengubah susunan dan posisi bagian disekitarnya.