Mesin CTP membuat plat cetak tanpa film repro - Mencetak menggunakan mesin cetak offset harus menggunakan media plat seng. Karena melalui plat seng tinta akan terikat dan menempel di blanket media perantara selanjutnya untuk menggambar di kertas. Plat itulah yang berfungsi membentuk tekstur gambar dengan beberapa unsur warna tergantung dengan gambarnya. Untuk gambar 1 warna cukup 1 plat saja, karena 1 plat untuk 1 warna dan maksimal ialah 4 warna yang berarti membutuhkan 4 plat untuk membentuk gambar 4 warna tersebut. Di jaman sekarang ini sudah hadir mesin pembuat plat offset langsung dari mesin tanpa menggunakan media perantara film repro offset untuk mencetak di plat. 


mesin pembuat plat offset
Jadi dari file yang berada di komputer langsung tercetak di plat tersebut. hal ini mengurangi biaya cetak walau sedikit dan menyingkat waktu karena tidak perlu mengekspos plat tersebut. Mesin ini biasa disebut CTP (computer to plat). Harga mesin CTP ini kisaran ratusan juta dan sudah ada di Indonesia sejak pertengahan tahun 2012. Uniknya adalah mesin cetak plat ini dapat membuat berbagai ukuran plat tergantung dengan mesin yang akan digunakan untuk mencetak. Sehingga dapat mempermudahkan untuk menyiapkan bahan pracetak tersebut. 

Mesin offset sangat berkembang dari waktu ke waktu, dan diikuti dengan mesin pembuat plat ini. Mesin CTP baru-baru ini cepat berkembang, banyak pengusaha cetak yang mencoba di bidang ini. Jasa membuat plat offset dengan cepat. Hanya dengan hitungan menit sudah bisa jadi. Hasilnya pun tidak kalah bagus dengan plat offset yang terbuat memakai media perantara film repro offset. 

Nah bagi anda yang memiliki modal bisa langsung anda hubungi distributor mesin CTP cetak plat offset ini karena masih bagus prospeknya di tahun ini dan tahun kedepan, dengan kecepatan akan efektif dan efesien dari segi biaya,waktu dan tenaga akan hal pracetak.