Masih seputar mencetak undangan untuk pernikahan atau acara lainnya. Undangan pernikahan menjadi salah satu sarana untuk memberitahu kepada rekan dan sanak saudara tentang acara yang akan diadakan. Seperti yang sudah pernah saya bahas pada artikel Mencetak Undangan Murah dan Mudah , membuat undangan pernikahan tidak lah sulit seperti yang pada umumnya dibayangkan. Banyak cara untuk membuat undangan pernikahan dengan mengeluarkan sedikit tenaga dan uang. Khususnya untuk acara yang akan mengundang hanya beberapa teman dan sanak saudara saja. Pada umunya mencetak undangan akan dikenakan biaya minimal mencetak karena biaya ongkos cetak yang cukup mahal jika hanya mencetak dalam jumlah sedikit. Namun tidak menghalangi bila anda hanya memesan udangan dalam jumlah sedikit.


Salah satu cara sudah saya bahas juga pada artikel  Membuat Undangan dengan Digital Printing , dalam ulasan itu saya memberi satu solusi mudah bila anda ingin membuat undangan dalam jumlah sedikit. Namun ingin mendapatkan hasil yang bagus. Jika anda memakai jasa cetak mesin offset akan sangat berat pada ongkos cetaknya. 
contoh desain undangan ful warna
Seperti contoh gambar undangan di atas, untuk mencetak undangan tersebut akan memakan banyak biaya. Karena itu jika anda ingin membuiat undangan dengan warna ful maka sebaiknya dalam jumlah banyak, agar tidak hanya termakan di ongkos cetaknya. 

Tetapi, bila anda hanya mencetak dalam jumlah sedikit sekitar antara 50-100 lembar saja anda bisa menggunakan digital printing. Yah, digital printing ini mempunyai hasil cetak sama seperti mesin cetak offset  besar dengan hitungan harga per lemabarnya. 

Misal anda ingin membuat undangan sebanyak 80 lembar saja. Jika menggunakan mesin cetak offset akan memakan biaya paling tidak 500rb untuk kertas,cetak,desain,finishing. namun hal ini bisa di minimalisir dengan menggunakan mesin digital printing, dan akan memakan biaya sekitar 350rb saja. lebih hemat dan lama pengerjaannya pun tidak lama. Dengan desain dalam bentuk PSD,CDR,AI, anda bisa langsung membuatnya hanya hitungan menit.