Bisnis percetakan memang masih berpotensi untuk memberikan omzet yang cukup besar. Masih banyak orang yang membutuhkan jasa percetakan. Sehingga lapangan pekerjaan masih terbuka lebar untuk yang memiliki modal berwirausaha menjadi penjual jasa percetakan. Banyak sekali mesin tentang peretakan, dari mesin offset sampai mesin digital. Untuk pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis percetakan bisa mencoba dengan mesin cetak offset 1 warna yang murah. Seperti halnya jenis mesin cetak offset toko dan hamada. Kedua mesin ini pun selain murah karena hanya 1 warna juga memiliki beberapa jenis. Dari segi kemampuan mencetak ukuran kertas yang besar sampai hasil yang pasti bagus.


Mesin cetak offset toko merupakan mesin cetak offset 1 warna yang murah dan mudah dalam pengoperasiannya. Dengan harga yang relatif murah, harga sparepart yang murah dan cara perawatan yang mudah. Namun hasilnya pun tidak bisa bagus seperti mesin cetak hamada. Untuk mesin cetak toko merupakan produk lebih tua daripada mesin hamada. Mesin cetak hamada lebih efektif dan hasilnya lebih bagus untuk mesin cetak offset murah 1 warna dibanding yang lainnya. 

Yang membuat perbedaan hasil ini sebenarnya adalah dari kekuatan presisi mesin tersebut. Mesin cetak toko memiliki presisi dan patokan cetak yang kurang bagus, karena patokan cetak tidak terjepit dengan kuat dan presisi antar silinder tidak begitu kuat. Sedangkan mesin cetak hamada memiliki patokan cetak yang kuat karena dijepit dengan kuat dan memiliki presisi yang kuat antara kedua silider cetaknya. Selain itu mesin cetak hamada sudah lebih praktis karena tidak terlalu banyak menggunakan tenaga manual saat mencetak, hanya tinggal melihat hasil cetak sudah pas apa belum. Sedang untuk mesin cetak toko harus menggunakan tenaga manual untuk mencetak, pencetak harus mengontrol masuknya kertas dengan benar agar tidak terjadi double cetak.

Jadi untuk anda yang ingin terjun di dunia percetakan, mesin hamada sangat cocok untuk pemula. Dengan harga yang murah , hasilnya masih bagus daripada mesin toko.