Dalam dunia pebisnis pasti ada untung rugi yang mutlak menjadi pembelajaran setiap pebisnis. Seorang pebisnis pasti tidak akan pernah menyerah mencari dan terus mencari ide-ide bisnis yang baru. Bila sudah jenuh dengan salah satu bisnis, maka akan mencari ide untuk berbisnis yang lain. Bisnis percetakan masih terbuka lebar untuk mendapatkan omzet yang lumayan menggiurkan. Memang seharusnya berbisnis itu butuh modal yang kuat, terutama untuk bisnis di dunia percetakan. Dengan mesin cetak offset minimal ukuran A3+ masih banyak permintaan cetak yang selalu ada setiap harinya. Bila ingin memulai bisnis cetak offset anda bisa memilih mesin ryobi atau oliver. Kedua macam mesin cetak offset
tersebut masih cukup bagus untuk hasil dan kualitas hasil cetaknya. Bahkan permintaan cetaknya pun masih sangat banyak setiap harinya.

Selain kedua mesin cetak offset tersebut anda juga semestinya menyiapkan mesin ekspose plat dan mesin potong kertas. Untuk mesin ekspose plat sudah pasti ada, dan banyak yang menjualnya, bahkan bisa dalam 1 paket beli dengan mesin cetak offset tersebut. Sedang untuk mesin potong kertas selalu digunakan untuk finishing hasil cetak atau untuk memotong kertas yang akan dicetak jika kertas masih belum sesuai dengan ukuran gambar dalam plat.

Jadi modal awal yang menjanjikan dalam dunia percetakan hanya 3 mesin tersebut. Bila anda memiliki dana sebesar 200juta , maka anda bisa memulainya dengan  membeli mesin cetak offset, mesin ekspose plat dan mesin potong kertas. Nah, setelah itu orderan pun akan mengalir deras , karena banyak cetakan yang memakai jenis mesin offset ini, seperti blanko undangan, kardus snack, kop surat, brosur dan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembacanya, dan semoga sukses jangan menyerah untuk menggapainya.