Plat cetak hal yang paling utama yang dibutuhkan untuk mencetak dengan mesin cetak offset. plat cetak terdiri dari 2,plat cetak kertas atau papper plat dan plat seng atau seng plat. Untuk membuat papper plat sudah tersedia banyak cara, dari segi manual copy sampai dengan digital printing. Banyak tempat yang telah menyediakan jasa membuat papper plat sekarang sehingga anda tidak perlu bingung untuk hal ini. Dari jenis papper plat dengan mesin copy sampai dengan digital printing. Bila menggunakan metode copy papper kita perlu hasil print hitam putih yang cukup bagus agar hasil copy ke papper bagus pula hasilnya. Bila menggunanakan mesin digital printing kita hanya perlu file asli yang dalam format coreldraw. Nah itu untuk membuat papper plat sangat mudah dan murah, umumnya hanya Rp. 3.000 per lembar. Sedang untuk membuat plat seng untuk cetak offset ada 2 cara juga. Pada awalnya membuat seng plat menggunakan mesin expose plat. Selain itu juga memerlukan film offset repro untuk gambar yang akan dicetak pada seng plat. Setelah seng plat sudah diexpose bersama film offset tersebut barulah dicuci dengan menggunakan larutan develop.
Fungsinya untuk melarutkan bagian seng plat yang terkena cahaya penyinaran dari meisn expose tersebut. Takarang menggunakan cairan develop ini pada umumnya adalah 1:4. Yang berarti perbandingan antara larutan develop pelarut 1 gelas sedangkan airnya 4 gelas. Tidak ada perbandingan mutlak untuk campuran larutan seng plat ini, karena tiap-tiap produk dari beberapa pabrik berbeda kemolaritasannya. Sehingga kita hanya perlu mengira-ngira untuk membuat campuran tersebut. berhati-hatilah jika sedang mencuci seng plat setelah diexpose ke dalam campuran larutan tersebut karena larutan itu sangat keras dan cukup berbahaya bila terkena kulit secara berkala.

Yang kedua cara yang paling mudah untuk membuat seng plat untuk cetak offset, dengan menggunakan mesin CTP. Mesin CTP membuat seng plat seperti halnya printer biasa. Jadi hanya perlu menggunakan file dalam format coreldraw,photoshop atau adobe ilustrator. Dalam mesin CTP file yang sudah siap dikirim ke dalam software mesin CTP dan proses print seng plat pun dimulai sampai tahap expose secara langsung. Begitu mudah kan? Dibeberapa tempat digital pritning sudah tersedia mesin CTP ini, jadi begitu mudah dan praktis bukan untuk membuat seng plat cetak untuk offset hanya dengan file yang sudah siap.