Untuk mencetak diperlukan plat cetak offset sebagai media penyalin gambar dan menyerap tinta dari rol tinta mesin cetak. Sudah saya bahas pada artikel yang lama, plat cetak offset ada 2 macam plat kertas ( papper plat ) dan plat seng ( seng plat ). Keduanya memiliki fungsi yang sama namun berbeda pemakaiannya. Untuk papper plat hanya tersedia dalam ukuran folio dan hanya untuk cetakan sederhana seperti hanya 1 warna. Selain itu pun papper plat juga tahan hanya sekitar 30 rim proses cetak,
setelah itu hasil cetak kurang berkualitas. Tentunya ini akan memakan biaya lagi untuk membuat papper plat. Karena itulah dibuat seng plat yang tersedia dalam bermacam ukuran untuk semua mesin dan tahan lama. Hasilnya pun sangat bagus karena kekuatan seng plat dan gambar pada seng plat tahan lama.

Untuk membuat papper plat bisa menggunakan mesin kopi papper plat. Mesin kopi papper plat ini cara kerjanya sama dengan mesin foto kopi. Namun bahan tintanya yang berbeda. jika mesin foto kopi memakai tinta serbuk sedang mesin kopi plat ini memakai cairan develop khusus untuk mencetak pada papper plat tersebut. Mesin kopi papper ini seharga 7jt dan bisa didapatkan di distributor develop. Selain dengan mesin kopi papper membuat papper plat juga bisa menggunakan digital printing. Menggunakan mesin digital printing sangat sederhana dan mudah. Yang diperlukan hanya file desain dalam format corel draw atau photoshop dan sejenisnya, halnya software tentang vektor. 

Sedang untuk membuat seng plat ada 2 macam cara juga, menggunakan mesin ekspose plat dengan film repro offset dan menggunakan mesin print plat. Untuk mesin ekspose plat sudah ada disetiap tempat jasa cetak mesin besar, kita hanya membawa film repro offset saja. Sedangkan menggunakan mesin print plat sudah tersedia di tempat jasa digital printing. Teknik ini sering disebut denga CtcP, Computer to Plat. Walau mesin ini cukup mahal namun sudah ada beberapa tempat yang tersedia. Untuk membuat seng plat dengan mesin CTP ini, hanya dibutuhkan file dengan format cdr,psd,ai dan format lainya dengan jenis file vektor.

Cara yang mudah untuk jaman modern sekarang ini, tidak perlu repot membuat media perantara lainnya.