Untuk mencetak kita membutuh beberapa bahan yang diperlukan, seperti plat, kertas, dan tinta. Kali ini saya akan membahas tentang membuat plat cetak. Plat cetak sendiri terbagi 2 macam plat kertas dan plat logam/seng. Untuk plat kertas bahan terbuat dari kertas dengan lapisan dipermukaan plat kertas tersebut untuk membantu gambar yang nantinya akan tergambar pada plat itu. Untuk membuatnya hanya tinggal print saja dengan printer yang hasilnya solid, seperti printer laser jet. Namun sekarang dengan printer digital tidak perlu menggunakan printer lama lagi.
Dengan mesin digital printing besar proses dan hasil print untuk plat kertas telah terjamin kualitasnya. Anda tinggal memasukan file yang akan dicetak dan print plat kertas dengan mesin digital printing. Harga palt kertas pun relatif murah namun hanya tersedia untuk ukuran folio.


Selanjutnya untuk teknik membuat plat cetak dari bahan seng/logam. Seperti pada artikel yang ini 
Membuat Plat Cetak Offset Tanpa Film Repro pembuatan plat logam sekarang jadi semakin lebih mudah. tidak perlu menggunakan cairan yang berbahaya seperti pelarut kimia. Pada masa sebelum mesin pembuat plat cetak secara langsung, plat cetak seng dibuat dengan beberapa tahapan.
1. untuk tahapan pertama, kita membuat film offset
2. kemudian setelah film offset telah jadi kita tempelkan atau layout kan pada plat seng tersebut. Maksudnya adalah kita menentukan posisi dimana posisi gambar akan di cetak pada kertas.
3. setelah itu tinggal mengekspose atau penyinaran dengan cahaya lampu neon atau halogen. Mesin ekspose plat telah tersedia namun bila anda tidak ingin membelinya bisa membuat rancangan sendiri. Karena bahan mesin ekspose plat ini hanya tempat pengepress dan cahaya yang terang.
4. Plat yang sudah di layout dengan film offset dimasukan ke tempat pengepressan dalam mesin ekspose tersebut. dengan press memakai compressor plat akan tertekan secara kuat sampai benar-benar vakum.
5. sinari plat dengan cahaya neon atau halogen dan tinggal sampai beberapa menit. Untuk ukuran cahaya yang terang hanya sekitar 5 - 10 menit. Jangan sampai terlalu lama dan terlalu cepat agar hasil sempurna.
6. setelah selesai penyinaran angkat dan lepaskan film offset dari plat
7. cuci atau rendam plat dengan menggunakan cairan pelarut plat atau cairan develop. Goyang hingga rata dan plat pun jadi. Siap untuk naik cetak.

Catatan: Harap koreksi film offset sebelum naik cetak! kesalahan kecil akan merugikan. Namun lebih baik koreksi file yang akan dicetak sebelum proses yang panjang.