Mencetak merupakan pekerjaan yang cukup mudah. Kita hanya memerlukan beberapa bahan yang mudah didapat ( tidak termasuk mesin cetak offset). Bahan - bahan pracetak hanya meliputi tinta,kertas dan plat. Tinta dan kertas pasti semua orang sudah paham apa gunanya, sedang plat adalah alat perantara antara tinta dan blanket. sementara itu blanket adalah bahan karet yang dipasang pada silinder mesin cetak offset. Pada proses cetak tinta menempel dari bak tinta ke rol tinta lalu ke plat kemudian ke blanket dan dari blanket gambar terlukis di kertas. Dari paragraf tersebut sudah ada gambarankan apa gunanya plat itu. Sedangkan plat itu sendiri terdiri dari 2 macam. Plat dengan bahan kertas disebut papper plat sedang dengan bahan seng disebut seng plat. Masing - masing itu memiliki daya guna dan kekuatan tahan lama tersendiri.



Plat papper untuk mencetak harga murah dengan mesin cetak offset folio.
Plat papper untuk mencetak pada mesin cetak offset toko maupun hamada. Pada umunya ukuran plat papper hanya ada dalam ukuran F4 (folio). Karena hanya bisa digunakan dalam jangka waktu yang singkat untuk hasil yang maksimal. Ketahanan papper plat hanya untuk mencetak sampai maksimal 30 rim dalam 1 kali cetak, tapi dengan catatan plat yang berkualitas tentunya. Kualitas papper plat dapat dilihat dari ketebalan bahan dan solidnya gambar yang terlukis pada papper plat tersebut. Apabila anda ingin mencetak untuk sekejap anda bisa menggunakan papper plat yang harganya sangat murah.

Plat seng untuk mencetak jangka panjang dengan kualitas tahan lama.
Mencetak dengan mesin besar dan ukuran kertas besar menggunakan plat seng yang tahan lama. Secara logika menggunakan plat logam karena semakin besar ukuran mesin dan kertas diperlukan daya tekan yang besar untuk mencetak, karena itu plat logam sangat cocok untuk itu. Namun tidak ada salahnya juga menggunakan logam plat pada mesin kecil seperti mesin cetak offset toko atau hamada. Seng plat ini sangat tahan lama asalkan setelah memakai harap dilapisi dengan cairan pelapis pelindung plat logam dari oksidasi permukaan plat. Sekarang sangatlah mudah membuat plat logam untuk cetak offset. tersedia mesin langsung untuk membuat plat logam offset dari komputer. Sistem kerjanya sama seperti printer. lebih lanjuta anda bisa membaca artikelnya disini Membuat Plat Cetak Offset Tanpa Film Repro