Mencetak menggunakan mesin cetak offset masih banyak diminati dibanding dengan mesin cetak digital, karena ongkos cetak yang murah. Mesin cetak offset terdapat berbagai jenis dan ukuran. Misal nya untuk mencetak ukuran folio cukup menggunakan mesin cetak toko,MB, atau hamada. Biasanya digunakan untuk mencetak kertas NCR (berkarbon) pada nota/faktur. Selain jenis kertas itupun masih ada kertas lain yang compatible untuk dicetak menggunakan mesin tersebut. Yang sering dicetak menggunakan mesin cetak folio adalah jenis
kertas seperti HVS,doslag,art papper,NCR, dan kertas menyerap tinta tentunya. Karena apabila kertas yang permukaannya tidak dapat menyerap tinta akan sulit sekali untuk dicetak. Alternatif lain adalah dengan menggunakan sablon.

Kembali ke mesin cetak offset untuk kertas ukuran folio. Mesin cetak toko dan MB memiliki model yang sama. Dalam bak kertas untuk memasukkan kertas ke bagian pencetakan masih harus menggunakan bantuan manusia, karena belum ada mesin penghisap seperti pada mesin cetak hamada. Sehingga tukang  cetak harus bersedia mengontrol secara manual jalan masuknya kertas ke bagian pencetakan. Sedikit kekurangan lainnya adalah bak tempat penadah kertas pun belum dilengkapi dengan alat tambahan penata otomatis, sehingga kertas masih harus ditata dengan rapi setelah pencetakan. Berbeda dengan mesin hamada, sudah dilengkapi dengan kompresor untuk menarik kertas secara otomatis ke bagian pencetakan. Hal ini mempermudah tukang cetak karena tidak terlalu konsentrasi untuk mengontrol masuknya kertas 1 per 1. Bagian penadah kertas setelah dicetak pun juga sudah dilengkapi dengan alat tambahan pengatur kerapian kertas, jadi setelah selesai mencetak hasil cetakan pun sudah rapi.

Dari beberapa mesin cetak untuk kertas folio tersebut diatas semuanya masih banyak penggemarnya. Untuk mesin cetak toko karena cara pengoperasiannya sangat simple dan sederhana, namun hasil cukup bagus. Sedang untuk mesin cetak hamada pengoperasian tidak begitu sulit dan tidak begitu mudah, dan hasilnya pun lebih cukup daripada mesin cetak toko. Semoga artikel ini bermanfaat.