Kebutuhan akan jasa percetakan masih banyak peluang untuk membuka usaha percetakan. Untuk wirausaha yang ingin terjun di dunia percetakan bisa menekuni bisnis ini. Cara memilih mesin cetak offset murah tapi masih bagus tidak begitu sulit. hanya perlu melihat inti dari mesin yang masih berfungsi dengan baik. Bagian terpenting yang harus  dilihat adalah dari rol tinta, silinder utama dan silinder bawah. Namun semestinya tidak hanya bagian itu saja. Semua bagian harus dipertimbangkan juga agar saat membeli tidak terlalu jauh harga untuk menservisnya. Setiap mesin cetak yang dijual
perorangan pada umunya memiliki kelemahan yang tidak bisa kita ketahui sebelumnya hanya dengan melihat beberapa waktu saja, namun harus mengoperasikannya beberapa kali dan melihat hasil cetaknya.

Memilih mesin cetak offset dari rol tinta hal yang paling mudah. Saat mesin dijalankan hanya perlu melihat pergerakan dan pergeseran rol tinta. Sedang rol tinta sendiri yang paling penting adalah rol tinta bagian bawah yang kontak langsung dengan silinder utama tempat blanket terpasang. Lihatlah bagiamana kondisi rol tersebut, masih tebal dan bergerak dengan benar atau tidak. Jika rol tinta sudah aus atau tipis kita bisa menggantinya dan harganya cukup mahal. Sedang rol tinta pedukung lain juga tetap dilihat. 

Selanjutanya kondisi silinder utama dan silinder bawah, pergerakan kedua silinder ini menentikan hasil cetakan. Apabila sudah parah kondisinya, hanya ada satu cara yaitu overhaul. Membongkar mesin dan memperbaiki semua yang ada didalamnya. Mulai dari mengganti sparepart dan menyesuaikan fungsi dari bagian - bagian mesin. Hanya orang ahli yang sebaiknya melakukannya, karena sangat beresiko untuk kelangsungan mesin. Apabila sudah dalam kondisi ini, harga mesin jatuh sangat murah, dikarenakan biaya overhaul cukup mahal dan memakan waktu.

Sebaiknya jika ingin membeli mesin harus ada orang yang sedikit memahami tentang kondisi mesin agar harga bisa sesuai dengan kondisi mesin tersebut. Jika ingin langsung membeli mesin cetak offset dalam kondisi bagus tinggal jalan pastilah harganya sangat mahal, karena ada garansi mesin pakai dan ada jaminan kondisi dan hasil cetak pasti bagus.