Berbagai cara dan penjelasan tentang membuat plat cetak offset sudah saya jelaskan, namun pada postingan ini saya akan jelaskan tentang membuat plat memakai mesin ekspose plat. Beberapa hal yang harus anda siapkan, film offset, carian develop dan air, tempat penampung cairan tersebut. Jika anda belum tahu apa itu mesin ekspose bisa dilihat pada gambar. 
mesin ekspose plat cetak offset
mesin ekspose plat cetak
Harga mesin ini sekitar 4-5 juta ukuran double folio, jadi sangat murah kan. Untuk setiap harinya pasti ada pesanan untuk membuat seng plat apalagi jika mesin ekspose ini dipadukan dengan mesin cetak oliver, bisnis cetak tinggal jalan. Karena kebutuhan akan jasa cetak separasi masih sangat banyak.


Kembali pada cara menggunakan mesin ekspose plat ini. Langkah awal membuat plat cetak menggunakan mesin ekspose ini adalah dengan menemperlakan film offset pada bagian plat yang berwarna. jadi seng plat mentah yang belum digunakan memiliki 2 sisi. Proses menempelkan film offset di plat ini sering disebut layout film pada plat. Karena pada saat proses ini posisi film harus diatur sesuai kebutuhan dan posisi  tempat plat pada mesin. Setelah di layout, plat di masukan dalam mesin ekspose seperti pada gambar. Atur lama penyinaran plat tersebut, antara 5-10 menit. Sementara itu kita siapkan cairan develop pencuci plat. Cairan ini bisa anda dapatkan dari sales yang menjual seng plat tersebut atau bisa membeli di toko penyedia bahan cetakan. Perbandingan pakai nya kira-kira 1 :4 dengan air bersih. jadi 1 gelas larutan pencuci plat dengan 4 gelas air bersih.

Setelah selesai angkat plat dan lepas film offset tersebut, lalu segera rendam dengan larutan yang telah kita siapkan tadi, lebih aman bila memakai handglover. Karena cairan ini cukup keras. Jangan terlalu lama merendam agar hasil ekspose tidak hilang semua dan hasilnya bersih. Untuk mengetahuinya angkat dan amati setelah direndam 3 menit. Karena kemolaritasan larutan pencuci plat berbeda-beda tiap merknya. Setelah selesai cuci plat dengan air bersih dna siap untuk dicetak.

Cara mudah untuk membuat plat cetak menggunakan mesin ekspose.