harga jual mesin offset printing murah
Bisnis dalam dunia percetakan tidak akan lepas dari mesin offset printing yang merupakan bagian utama dari bisnis percertakan tersebut. Untuk membuat nota, faktur,  brosur, undangan, amplop, kop surat dan kalender itu semua menggunakan mesin offset printing, walaupun ada mesin digital printing yang bisa digunakan namun harga cetak masih tetap murah menggunakan mesin offset printing. Mesin offset printing pun beragam ukurannya, dari mesin untuk mencetak kertas berukuran folio, double folio, double kuarto ( A3 ) sampai ukuran kertas A0 ataupun plano. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, agar lebih efesien dalam penggunaan mesin offset printing dan bahan pelengkap yang digunakan. Awal mula perkembangan bisnis cetak memang sangat prospek dan dari tahun ke tahun masih tetap prospek. Dengan kemajuan jaman sekarang ini mencari jasa mesin offset printing sangatlah mudah dan harga pasti murah karena persaingan cukup banyak. Namun demikian jangan terlalu berkecil hati karena takut usaha cetak tidak laku. Karena rejeki sudah ada yang mengaturnya. Seiring dengan berkembangnya mesin offset printing permintaan pun juga semakin meningkat sesuai dengan kualitas dan kuantitas mesin tersebut. Contoh hal kecil saja, dahulu mencetak ful warna menggunakan mesin offset printing hamada yang kurang kualitasnya untuk mencetak gambar separasi, namun muncullah mesin offset printing oliver,ryobi,komori, GTO dan lain sebagainya. Mesin offset printing ini besar dan hasil cetak sangat bagus. Anda dapat mencetak sampai ukuran kertas plano seperti untuk membuat dos makanan, kardus barang dan lainnya. 

Harga jual mesin offset printing juga sangat stabil dari tahun ke tahun, karena mesin produksi tidak akan anjlok jauh dibandingkan dengan mesin elektronik pada masa sekarang ini. Karena dari dahulu mesin elektronik memang selalu turun bebas harganya bila dijual kembali. Seperti mesin foto kopi dan mesin digital printing. Sudah tentu mesin elektronik tersebut bila dijual lagi harga akan turun drastis karena komponen elektronik yang tidak tahan lama. Berbeda dengan mesin  offset printing yang menggunakan komponen logam yang tahan lama bertahun-tahun dengan perawatan yang mudah dan murah. 

Perawatan mesin offset printing sebaiknya dilakukan rutin setahun sekali agar bagian-bagian dari mesin tersebut terkontrol dengan baik. Jika kondisi bagian mesin tersebut kurang benar maka kita akan mudah menggantinya tanpa memakan banyak waktu. Hal ini akan membuat kita menjadi efektif dan efesien waktu untuk melayani jasa offset printing.

Demikian sedikit ulasan tentang mesin offset printing yang masih berprospek bagus kedepannya.