Kegunaan mesin offset printing memang sudah tidak diragukan lagi,karena dari mesin offset lah lahir mesin digital printing. Perpaduan antara mesin dan konfigurasi digital sangat membantu kebutuhan promosi pebisnis. Manfaat mesin digital printing offset antara lain, membuat spanduk, MMT, brosur, kartu nama, profile company, dan undangan. Dengan hasil dan kecepatan yang maksimal mesin digital printing banyak diminati pebisnis yang ingin terjun di dalam dunia printing ataupun offset. Karena digital dan offset saling berkaitan maka hasilnya pun tidak terlalu beda jauh.

Contoh mesin digital offset printing


mesin digital offset printing

mesin digital offset printing

mesin digital offset printing tidak memerlukan bahan-bahan pelengkap cetak seperti pada mesin offset pritning. Pada mesin offset printing diperlukan beberapa bahan pelengkap cetak seperti plat cetak dan cairan etching. Plat cetak merupakan copy papper untuk mencetak pada kertas yang diinginkan sedang cairan etching adalah cairan yang digunakan untuk  melumasi plat paper sehingga tidak rusak karena benturan antara tinta dan rol cetak. 

Cara kerja mesin digital offset printing pun berbeda karena menggunakan kecanggihan teknologi digital pula. Jikalau mesin offset printing harus mengganti plat dan tinta untuk mencetak produk yang separasi maka untuk mesin digital offset printing tidak perlu menggunakan cara tersebut. Bahan dasar cetak langsung dimasukkan ke dalam bagian input dan akan secara langsung tercetak lalu keluar pada bagian output.

Demikian sedikit ulasan mengenai pebedaan antara mesin digital offset printing dan mesin offset printing.