printer yang cocok untuk percetakan
Usaha percetakan memiliki banyak sekali cabang dan cara untuk menjalaninya. Dimulai dari menggunakan mesin cetak besar sampai menggunakan mesin cetak digital printing kecil seperti printer digital. Kali ini saya akan membahas tentang printer yang bisa digunakan untuk menjalani usaha digital printing dengan cara mudah dan sederhana. Untuk printer dengan ukuran besar dan hasil yang maksimal itu sangatlah mahal, contohnya seperti mesin digital printing untuk ukuran A3+. Untuk printer ukuran A4 ataupun F4 bisa menggunakan printer Epson Stylus R230 yang hasil cetaknya cukup bagus. Walau printer keluaran epson ini tergolong sudah cukup lama tahun produksinya dan sudah jarang ditemui namun masih ada beberapa toko yang pasti menjualnya. 


Printer Epson R230 menggunakan 6 catridge warna, tidak seperti printer lainnya yang hanya menggunakan 4 warna. Dengan demikian kualitas hasil cetaknya pun tidak diragukan lagi karena perbandingan gelap terang gambar yang dicetak sangatlah bagus. Catridge warna ini terdiri dari warna cyan,margenat,yellow,light cyan,light margenta,dan black. Keenam warna tersebut memiliki fungsi masing-masing saat akan mencetak gambar. Apabila gambarnya terlalu cerah warna light yang bekerja ekstra untuk menghasilkan kualitas cetak yang maksimal, sedang bila gambar cenderung gelap warna biasa yang bekerja ekstra untuk mencetak gambar sesuai dengan aslinya.

Disamping hasil cetak yang berkualitas printer epson R230 ini memiliki kecepatan print cukup cepat dibandingkan dengan printer lainnya. Sehingga selain hasilnya bagus melakukan kegiatan printing juga tidak memakan waktu banyak. Cara merawatnya pun sama halnya dengan printer lainnya. Begitu mudah dan praktis untuk memulai usaha printing.